Harga HPL Laminate – Membuat Interior Kitchen Set Murah Tapi Mewah

Bersama dengan Taco HPL, kali ini kita akan membahas mengenai bahan finishing yang dapat membuat interior kitchen set Anda terlihat mewah namun harganya tidak menguras dompet. Bahan finishing apa yang dapat Anda gunakan untuk memberikan kesan mewah tersebut?

10.jpg

  • Solid Wood
  • Kayu Lapis atau HPL laminate
  • Kayu MDF atau Medium Density Fibreboard

SOLID WOOD

Bahan yang satu ini adalah jenis bahan dasar untuk furniture dan struktur rumah tinggal serta perlengkapan rumah tangga lainnya. Bahan ini murni kayu balikan hasil pembelahan dari batang pohon yang masih berupa gelondongan, persegi maupun batangan. Material ini biasanya djual dalam sistem kubikasi atau m3.

Jenis bahan ini pun beragam, seperti kayu jati, kayu kamper, kayu merbau, kayu sungkai, jati belanda, mahogany, kayu sawo, kayu nangka, kayu sono keling dan banyak lagi. Keunggulan dari bahan finishing ini adalah urat atau motif serat kayu yang lebih natural, tahan terhadap rayap dan air serta awet untuk digunakan pada jenis furniture yang menopang beban berat. Namun dibalik kelebihannya, kekurangan dari bahan finishing ini adalah harga yang lebih mahal dalam sisi pengerjaannya dan masih memerlukan proses finishing dengan menggunakan cat duco atau cat plituran untuk mendapatkan hasil akhir.

KAYU LAPIS atau HPL LAMINATE

Kayu lapis merupakan kayu olahan yang biasa dikenal dengan sebutan HPL laminate atau High Presure Laminated. HPL laminate terbentuk dari beberapa lembar kayu yang direkatkan dengan tekanan tinggi dan memiliki ketebalan yang beragam, mulai dari 3 mm, 4 mm, 9 mm dan 18 mm serta memiliki luas 244 cm x 122 cm.

Ketebalan HPL laminate menentukan kekuatan dan kestabilannya. Jenis material finishing ini paling banyak digunakan sebagai bahan pembuat kitchen set, lemari, meja dan tempat tidur. Maka dari itu, HPL laminate memiliki permukaan yang hampir mirip dengan permukaan kayu namun serat ini merupakan buatan. Harganya pun lebih murah dibandingkan dengan kayu solid dan untuk perawatannya pun tidak terlalu menguras dompet Anda.

KAYU MDF (Medium Density Fibreboard)

Kayu MDF terbuat dari serbuk kayu halis dan bahan kimia resin yang direkatkan dan dipadatkan dengan suhu serta tekanan yang tinggi. Sama halnya sepert HPL laminate namun untuk materialnya diambil dari kayu sisa perkebunan ataupun bambu.

Bentuk kayu MDF berupa papan ataupun lembaran, perbedaan yang mencolok dari jenis material finishing lainnya terletak pada kepadatan dan kekuatannya. Selain MDF, terdapat pula jenis kayu HDF dengan tingkat kepadatan dan keluatan yang lebih bagus dibandingkan MDF.

Jika dilihat dari ketiga material yang digunakan untuk membuat interior rumah Anda terlihat merwah namun dengan harga yang bersahabat, Anda dapat memilih HPL laminate sebagai material finishing furniture Anda. Untuk pengerjaannya pun lebih mudah dan tidak memerlukan tenaga ahli, Anda cukup memanggil tukang kayu dan memintanya untuk memberikan finishing akhir untuk furniture rumah Anda. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa harga HPL laminate lebih murah dan bersahabat dengan kantong Anda untuk membuat interior rumah terlihat minimalis dan simple. Beragam motif dan corak dari HPL laminate dapat Anda temukan di www.taco.co.id

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s