Apa Saja Sih Penyebab Seseorang Sering Mengantuk dan Lemas ?

Mengantuk merupakan kondisi dimana tubuh merasa lemas dan ingin istirahat dengan cara tidur baik di atas sopa maupun kasur empuk yang dibeli di Toko Kasur Online.

Ada banyak penyebab mengapa seseorang merasa mengantuk. Dan pasti jika membahas tentang apa penyebabnya, maka banyak orang mengkaitkannya dengan kondisi alami dimana sudah saatnya tubuh di istirahatkan.

Namun, dibalik itu semua ada banyak penyebab mengapa seseorang merasa mengantuk dengan diikuti kondisi lainnya seperti lemas dan merasa tubuh sudah tidak bisa bergerak lagi.

Apa saja penyebabnya? simak informasi selengkapnya berikut ini.

24yawning

1. Terlalu Banyak Beraktivitas

Salah satu penyebab mengapa seseorang sering mengantuk dan lemas adalah tubuh terlalu banyak menjalani aktivitas sepanjang hari. Ketika aktivitas tidak terkontrol, tubuh secara alami akan lelah karena kalori yang tersimpan di dalam tubuh akan terbakar.

Jika diibaratkan dengan kendaraan bermotor, rasa mengantuk dan juga lemas disebabkan oleh bahan bakar kita yang telah habis akibat terlalu banyak menjalani aktivitas.

2. Terlalu Banyak Makan

Tidak hanya kurang makan dan kekurangan kalori saja, tetapi tubuh akan merasa lemas jika terlalu banyak makan yang masuk kedalam tubuh kita. Jika seseorang melakukannya, maka dapat dipastikan ia akan merasakan rasa kantuk yang luar biasa. So, maka dari itu, Anda haruslah mengatur pola makan dan jangan sampai apa yang kita makan melebihi porsinya.

3. Menurunnya Suplai Oksigen ke Otak

Suplai oksigen yang menurun ke otak adalah penyebab mengapa seseorang bisa merasakan kantuk dan lemas yang selanjutnya. Menurunnya suplai oksigen ke otak bisa menurunkan fungsi dan juga kinerja otak sehingga respon tubuh menjadi lemah sehingga mengakibatkan timbulnya rasa kantuk dan juga lemas tersebut.

Ada beberapa hal yang membuat mengapa seseorang mengalami penurunan oksigen pada otaknya, diantaranya adalah Dehidrasi, kurangnya asupan gizi, dan sesak nafas.

4. Anemia

Jika sebelumnya penyebab rasa kantuk adalah kondisi disiologis atau lingkungan, maka penyebab selanjutnya adalah dari dalam tubuh kita yaitu Anemia. Anemia merupakan kondisi kurangnya darah pada tubuh. Biasanya Anemia disebabkan karena beberapa hal salah satunya adalah kurangnya zat besi di dalam tubuh sehingga menyebabkan seseorang mengalami 5L yakni Lemah, Lelah, Lemas, Letih dan juga Lesu.

5. Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah yang rendah dalam tubuh berbeda dengan Anemia. Apabila Anemia penderita mengalami kekurangan darah, maka kondisi tekanan darah rendah penderitanya memiliki tekanan darah rendah yang berada di bawah tekanan darah normal.

Ciri-ciri darah rendah ini sangat erat kaitannya dengan suplai darah dan juga berbagai macam nutrisi, termasuk juga oksigen yang di supai ke berbagai organ tubuh. Hal ini secara langsung mempengaruhi kondisi tubuh menjadi lemas dan juga mudah merasakan kantuk.

Itulah beberapa alasan dan penyebab mengapa seseorang merasakan kantuk dan juga lemas. Rasa kantuk adakah perasaan alami yang terjadi, namun jika dirasa sudah melebihi batas normal, maka sudah saatnya Anda mengubah pola hidup menjadi lebih sehat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s